Dizaman yang serba canggih ini muncul berbagai macam pelaku
kreatif. Seperti yang kita tau komika atau youtuber yang sukses. Masing- masing
memiliki keunikannya tersendiri. Dan itu adalah yang membedakan antara satu dan
yang lainnya. Atau keunikannya itu yang bisa menjual, sehingga orang tau produk
atau karya dari pelaku kreatif ini.
Jika kita perhatikan seperti komika, Pandji Pragiwaksonoa, Uus
biasaaja. Karya atau jokes mereka berbeda. Namun apa yang membuat karya mereka
berbeda, sehingga orang pun tau bahwa A ini joksenya Pandji dan B joksenya Uus.
Jawabanya adalah Personal Branding.
Personal branding umumnya merupakan cara kita memperkenalkan
kepada dunia bahwa ini produk atau karya kita. Sebagian besar dari kegiatan
personal branding merupakan kegiatan yang membuat orang lain tau. Jika menurut
Pandji Pragiwaksono “kegiatan personal branding adalah kegiatan yang tadinya
tau jadi kenal kemudian jadi temen kemudian jadi sahabat”. dan memang betul itu
adalah consumer journey yang aku
pelajari juga dikampus.
Dan untuk melakukan itu dibutuhkan konsisten. Konsisten terhadap
karya dari kita, atau tema dari diri kita. Sehingga kita tau bahwa personal
branding yang ditampilkan dari diri kita seperti ini.
Seperti contoh personal
branding dari Uus adalah kejujuran dari realita hidup, dan Pandji tentang
Indonesia. Jadi jika ada suatu brand atau perusahaan yang mengajak bekerja sama
mengenai standup tentang realita hidup ya cocoknya Uus, atau mungkin tentang
Indonesia ya cocoknya Pandji.
Untuk itu aku mencoba untuk mengenali diriku sendiri, dan belajar
karena aku yakin masih banyak hal yang belum aku tau tentang dunia personal
branding. Dengan personal branding dunia tau diri kita. Dan ketika dunia tau kita
maka kita yang dikejar uang. Karena uang tau siapa kita.
Komentar
Posting Komentar